Kamis, 25 Juli 2013

Ayo Berjilbab...

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Kata orang, berjilbab itu susah ya? Ada yang bilang "Ah iman aku kan belum baik, jadi nanti dulu deh pakai jilbabnya". Ada juga yang bilang "Aku belum siap pakai jilbab, wong sholatku aja belum baik". Terlebih ada juga yang berpendapat, "Aku takut nggak bisa dapat pekerjaan kalau aku berjilbab."

waaaah rupanya banyak ya alasan yang bisa kita jadikan untuk menunda mengenakan jilbab? teman-teman, memang sih kalu difikir sejenak rasanya kita belum pantas mengenakan jilbab, dengan seribu alasannya.. Tapi coba deh kita menelisik apa sih sebenarnya manfaat jilbab itu? kok orang lain enak-enak saja memakai jilbab, kalau mereka bisa menunaikan kewajiban ini, kenapa kita tidak? ya kan?




kenapa sih wanita muslimah itu wajib mengenakan jilbab?

Surat Al-Ahzab ayat 59 (33:59)
Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin:
“Hendaklah mereka mengulurkan hijab(jilbab) keseluruh tubuh mereka.”
Yang demikian itu supaya mereka lebihi mudah untuk dikenal,
karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."


nah di satu ayat al-Qur'an itu aja kita udah bisa lihat bahwa Alloh memerintahkan kita untuk mengenakan jilbab, tidak perlu yang neko-neko, yang penting menutup aurat saja.. Yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan...

Yang menunjukkan hal itu adalah apa yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Aisyah
bahwa Asma binti Abu Bakr menemui Rasulullah shalallohu 'alahi wa sallam sedangkan ia memakai pakaian tipis. Maka Rasulullah berpaling darinya dan berkata kepadanya :
“Wahai Asma ! Sesungguhnya jika seorang wanita itu telah mencapai masa haid,
tidak baik jika ada bagian tubuhnya yang terlihat, kecuali ini.”
Kemudian beliau menunjuk wajah dan telapak tangannya.
Semoga Allah memberi Taufik dan tidak ada Rabb selain-Nya.”


Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata dalam Tafsirnya:
“Janganlah kaum wanita menampakkan sedikitpun dari perhiasan mereka kepada pria-pria
ajnabi (yang bukan mahram/halal nikah), kecuali yang tidak mungkin disembunyikan.”


satu lagi larangan bagi wanita muslim untuk menampakkan auratnya kepada lelaki yang bukan mahram..



Apa sih sebenarnya keuntungan mengenakan jilbab?
  • Rambut Muslimah yang berjilbab terlindung dari sengatan panas matahari dan terlindung dari debu serta polusi . Tau ga? bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa rambut wanita itu merupakan salah satu penyebab dari pemanasan global lho.. Ada semacam seperti uap yang dihasilkan dari rambut wanita, yang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Dan uap itu menjadi penyumbang pemanasan global juga.. dan subhanallohnya jilbab itu menjadi penghalangnya..waaah... Kita kan ga mau dibilang perusak bumi ini kan?
  • Terjaga dari pandangan pria nakal. Udah sering dengar kan wanita-wanita yang memakai pakaian yang mengundang nafsu lelaki itu suka digodain lelaki nakal! bahkan ada yang sampai (maaf) diperkosa!  Jangan mau deh kita sebagai wanita yang punya harga diri, terus kehilangan harga diri kita gara-gara kita ga bisa menjaganya dengan baik..
  • Pria segan menggoda apalagi melecehkan. Biasanya, pria segan mendekati apalagi menggoda wanita berjilbab, kecuali kalau peluang itu diciptakan oleh wanita itu sendiri. yaa paling-paling mereka hanya mengucapkan salam aja kalau wanita yang berjilbab lewat didepan mereka.. Itu sih justru baik dong... Dido'akan mereka dengan salam yang mereka ucapkan.. Bedakan dengan kata-kata yang mereka lontarkan kepada wanita yang tidak berjilbab, terlebih wajahnya cantik, punya fisik yang menarik, waaahh ga kebayang deh pelecehannya..
  • Terjaga kehormatannya. Wanita berjilbab akan selalu menjaga kehormatannya seiring dengan ilmu yang dimilikinya karena mereka mengetahui dan dapat membedakan perilaku yang harus dilakukan dengan perilaku yang harus dihindari. Wanita berjilbab dan berilmu merasa selalu diawasi Allah dari segala kemaksiatan.
Waah ternyata buanyak sekali ya manfaat jilbab itu.. kita kan tau,, Alloh itu memerintahkan manusia untuk melakukan suatu hal, pasti karena ada manfaat didalamnya.. So,,, jangan takut untuk mulai berjilbab,girls! Mantapkan niat,,, lakukan dengan senang hati,,, coz,, ga ada tuch mudharat/keburukan yang akan diakibatkan ketika kita berjilbab.. Asalkan,,, kita mau terus belajar memperbaiki penampilan kita dan perilaku kita tentunya.

Nah ini nih yang kadang jadi penghalang kita cewek-cewek menunda berjilbab karena katanya sich perilakunya masih belum pantas... C'mon girls,,, apa kita bisa menjamin kapan waktunya perilaku kita bisa dikatakan sudah pantas?? Duhduuuh rasanya kita sendiri belum tau kapan kita pantasnya,,, Naaah,,, alangkah cantiknya bila kita sekarang memulai berjilbab dengan iringan perbaikan perilaku kita.., kan sambil menyelam dapat ikan! Hehehe maksudnya sambil kita belajar memperbaiki akhlaq kita,, kita juga dapat pahala kewajiban menutup auratnya kan?? :-) double tuh porsinya! Percaya dech,,, kita makin cantik saat berjilbab... mau kan dibilang cantik??? Hoho gak hanya cantik fisik, tapi kecantikan dari dalam :)

U're beautiful with hijab!! ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template