Selasa, 08 Desember 2009

Do'a Cinta

Ya Robb..Wahai Engkau Sang Pemberi Rasa Cinta

Robb...Jangan biarkan air mata mengalir kembali
Jangan buka lubang hati ini lagi
Bingkailah cinta ini atas nama Engkau
Satukan hati-hati ini pada kecintaan padaMu

Minggu, 29 November 2009

hanya Dia

disaat diri ini sedang asik dan menikmati dunia dakwah,ada saja yang membuat diri ini sedikit menjauh darinya

disaat diri ini merasa dibutuhkan,disaat itulah diri ini terasingkan

disaat diri ini merasa terasingkan,mereka tak menganggap apa-apa

disaat diri ini benar-benar menyatu dengan mereka,disaat itu mereka membuat diri ini terpisah jauh

disaat diri ini ingin mendekat, namun saat itulah perkataan mereka membuat diri ini enggan untuk mendekat

disaat diri ini sedang butuh nasehat,namun mengapa goresan yang mereka berikan?

disaat diri ini ingin mengurai senyum,disaat itu pula senyum itu tertahan

disaat diri ini sedang berjalan perlahan menuju kebenaran,namun saat itulah dituntut untuk berlari kencang dan langsung capai finish

disaat diri ini butuh rengkuhan hangat,namun justru panas yang terasa

disaat diri ini ingin genggaman tangan sahabat,namun perlahan genggaman itu terlepas

disaat diri ini ingin berbagi kebahagiaan,namun tak satupun orang yang bisa diajak untuk berbagi

disaat diri ini ingin menanyakan berbagai hal,namun mereka membuat diri ini enggan untuk berkata apapun

memang benar..tak ada yang sempurna kecuali Alloh,Robb semesta alam..
Dia yang mencukupi segala kebutuhan hambaNya..mengerti isi hati hambaNya..tahu akan yang terbaik untuk hambaNya..

*langitsenja

Minggu, 08 November 2009

sosok penyejuk

Ketulusan terpancar
Terpancang sebuah tekad
Sosok nan bersahaja
Menghampiri jiwa yang galau

Cukup meramaikan percakapan hati
Sanggup menerangi kala gelap
Mengendalikan kemudi emosi
Meredamnya dengan kesederhanaan

Tak ada keluhan terpental
Selalu tawadhu' yang menghiasi
Tertanda sosok kuat
Sungguh Allah Maha Kuasa

Rabu, 04 November 2009

Dia dan Dia


dia pinta kepercayaan
dia pinta kejujuran

dia takut kehilangan
dia tak ingin dihilangkan

hatinya terluka
matanya berurai tangis

air mata menganak sungai dipipinya
dia menghapus dengan kelembutannya

dia mengurai senyum
diapun melontarkan senyumnya

dia mulai goyah
dia yang memberi semangat

saat dia kelabu
dia mencoba memberi warna lain

saat kekecewaan melandanya
dia berusaha menata lagi

dia mulai berubah
dia coba pertahankan

saat semangatnya surut
dia bertekad menjadikan pasang lagi

dia terluka
dia lalu segera membalutnya

saat gejolak emosinya berkobar
dia mencoba meredakan

saat hempasan badai datang
dia selalu melindunginya

saat tak ada senyum tersungging
dia berusaha memancing senyumnya

dia...dan dia...
bagai nada-nada yang membentuk harmoni

bagai kumpulan bunga-bunga cantik
terrangkai menjadi karangan nan indah

mengecap sebuah asa
meraihnya dengan ketaatan padaNya

Selasa, 03 November 2009

. . . . .

Gersangnya suasana hati

Tak ada embun yang menyejukkan

Melebur

Terpendam menjadi gejolak emosi

Detak jantung serata berhenti sesaat

Kelunya bibir tak mampu mengembalikan semua

Terpendar cahaya mentari

Membakar ganas lembutnya sisi hati

Wahai Robb yang membolak-balikkan hati

Cairkan kebekuan ini

Robuhkan parit penghalangnya

Patahkan kesombongan diri ini

Ku mohon selalu petunjukMu

TanpaMu, ku selalu tersesat

Tak tahu jalan kembali

Kecuali dengan cahaya petunjukMu

Minggu, 01 November 2009

sentilan yang bermakna

Ternilai lewat kata-kata
Tercermin dari dunianya
Tersabut kabut hitam
Yang mencoba perkeruh pandangan

Namun cukup ada jiwa besar
Ketangguhan mampu menahan penghalang
Sempat ada sesal
Dan merengkuh penyesalan

Sempat dianggap orang asing
Ada rasa segan menyelimuti
Hadir di langit persahabatan
Yang kala itu dipenuhi kabut

Kerasnya halilintar memekakkan telinga
Menyayat jiwa
Menggores kayu yang telah lapuk
Melebarkan ruang aliran air mata

Namun karena sentuhanNya
Dan kokohnya kesabaran
Semua kembali terikat
Perlahan tapi pasti

Hanya mengenali rintangan
Mencoba kembali hiasi langit
Dengan kerlipan bintang
Dan cahaya cinta kepada Sang Pemilik Cinta

30 Oktober 2009

Selasa, 27 Oktober 2009

malam yang indah..

Arti sebuah mimpi
Bagai harmoni kasih tulus
Keinginan tersembunyi di dasar hati
Tersinergi menjadi alunan rahasiaNya

Tak mampu ku baca melalui terkaan
Tak bisa ku sentuh dengan nyata
Semua masih fatamorgana
Hanya Dia yang punya kuasa

Sabtu, 24 Oktober 2009

penyakit yang menimpa perempuan tidak berjilbab

Para wanita sudah diperintahkan untuk menutupi dirinya. Kewajiban dan perintah dari Allah yang kita ketahui bersama bahwa setiap perintah Allah sebenarnya kembali untuk kepentingan manusia.

Mendapatkan kebahagiaan dengan menaati perintah Allah, tidak hanya kebahagiaan di akhirat tapi juga dampak yang terasa di dunia.
Islam mengajarkan cara berpakaian yang sesuai dengan fitrah manusia, maka itulah pakaian yang terbaik.

Rasulullah bersabda, “Para wanita yang berpakaian tetapi (pada hakikatnya) telanjang, lenggak-lengkok, kepala mereka seperti punuk unta, mereka tidak akan masuk surga dan tiada mencium semerbak harumnya” (HR. Abu Daud)

Nikmat Dikala Sunyi

sendiri dalam sunyi


teriringi irama suara jangkrik


terindahkan oleh kicau anak burung


dan semut-semut yang berkeliaran


sepi...


tenang...


sejenak terlepas dari semua problema


kini menikmati segala kuasaNya


satu hembusan napas,


detak jantung yang begitu terasa,


bergeraknya jari ini,


menjadi bagian dari kebesaranNya 
24/10/09

Minggu, 11 Oktober 2009

mengapa ada sesal?

terpejam mata ini
merenungi yang telah terjadi
membenamkan diri dalam lautan tanya
mengebet kembali lembaran lalu
menyingkap tirai keluluhan

memperhatikan satu persatu lika-liku cerita
memindahkan memori pada kisah singkat itu

mengapa terlahir sesal?


Kamis, 08 Oktober 2009

hanya cintaNya

satu cinta

satu harap

selalu terjaga indah

bersemi dalam sebuah musim

taman kasih suci

cinta hakiki untukNya

bersemayam di dasar qolbu

teraliri pengorbanan karenaNya

terhapus oleh cintaMu

yang mengalahkan segala cinta

Mahabbahnya sungguh nyata

nikmatNya terbentang luas

agung, suci, indah

hanya cintaNya

satu-satunya yang tak membuat luka

ketenangan bersamaNya


sendiri

hanya bersama pena

membantu menggoreskan rangkaian kata

ditemani kegelisahan

aliran air mata pengampunan

di rumahNya amat sunyi

Dia memanggilku begitu halus

membawaku dalam kepasrahan sempurna

meleburkan kebekuan hati

merobohkan tembok keangkuhan

panggilanNya membuat wajahku tertunduk

melemaskan seluruh sendi

memejamkan mata dalam penghambaan

uluran tanganNya

seakan membawaku mendekatiNya

hanya ada aku dan Dia disini

kami berduaan merajut cinta

yang sudah lama tak terpatri

dalam penyatuan seorang hamba dan Robbnya

cinta dua kekasih yang kadang terputus

lalu bersemi indah kembali

hujan kerinduan yang begitu deras

mengaliri wajah hina ini

membasahi bibir yang sedang menyebut AsmaMu

kemudian jatuh membentuk bulatan besar

menetes pada kain putih ini

tak ada saat yang indah

kala dua kekasih yang sedang dilanda cinta

Dia memberi ketenangan jiwa,

ku memujiNya dengan romansa kata cinta

Dia mengahapus derai air mata ini,

ku merasakan dekapanNya

ku bersujud memuja Kekasihku ini

memeluk surat cintaNya

membacanya dengan penuh kesyahduan

saat ini begitu indah

tak mau beranjak dari tempatku

menghadapkan wajah, hati, dan fikiranku

ke singgasana besarNya

bercumbu dengan butiran kalimat tasbih

mesra karena takbir yang terlontar

Alloh . . .

Robbku . . .

Kekasihku . . .

tetapkan hati ini untuk selalu mencintaiMu

tetapkan diri ini untuk mencintai orang-orang yang mencintaiMu

Ya Rohiim . . .

tak ada kata yang ingin ku sampaikan padaMu
kecuali . . .

"ku ingin mencintaiMu selalu, hingga saatnya kita berjumpa nanti"

Jumat, 02 Oktober 2009

Surat Cinta...

kecantikan akhlakmu
memesona karena senyum ikhlas
ternaungi langit sahaja yang menjulang

langkah kaki penuh cinta
goresaan pena di atas padang da'wah
mampu mengukir indah perjuanganmu

cinta...
kau anggun dengan "penutup"mu
kau bercahaya oleh pancaran kasih tulus

harum semerbak sang pemimpin
meneruskan jejak Khodijah, Aisyah
para pengukir sejarah yang dirindukan

tersimpan dalam sebuah tempat
bernama hati
terlindungi bongkahan kepercayaan

lelaki tangguh menguatkannya
wanita mulia melahirkan sosok cahaya
cahaya kesucian

cinta...
kelak kita akan bersatu di FirdausNya
kembali merajut kisah tak berujung

kisah wanita cantik kepunyaan Alloh
cerita lelaki muslim selingan hidup
dan rangkaian indah perjalanan da'wah

cinta...
terselimuti irama syahdu Al-Qur'an
terbasahi dzikir dan muhasabah

cinta...
hiasannya indah karena kesholehan
terjaga lembut oleh azzamnya

tangisanku terurai untukmu
cinta...
kau selalu dihati ini


*Langit senja beserta pernak-pernik keindahannya*
-ditulis di perpus saat pelajaran OR. Ditujukan untuk Nur Afifah)

Biarlah

biarlah kesunyian ini
terkubur dalam-dalam


rasa ini
tersimpan diam -diam


air mata ini
mengalir sembunyi-sembunyi


sesak dada ini
tertahan sendiri


bergetarnya bibir ini
hanya tersimpan dalam senyum terangkai


tanpa ada yang tahu
tentang semua ini


biarkan mata terpejam
dalam sebuah pesan tak tersampaikan


biarlan Dia yang menjaganya
karena diri ini tak mampu
dan tak sanggup menjaganya


biarkan hanya seuntai karangan do'a
yang tersaji dari bibir ini
karena hanya itu yang bisa dilakukan


biarkan ia terlelap
tanpa di ganggu


biarkan ia tertawa lepas
karena sesungguhnya dalam tawa itu
terselip juga tawaku


biarkan ia terbang bebas
kemanapun ia suka
karena tak ada satupun tali
yang mengikatnya untuk saat ini


biarkan harapan hanyalah sebuah harapan
karena manusia hanya sebatas berharap


tapi Dialah yang menggariskan semua


biarkan yang semula . .


diagungkan
dipuji
disanjung


menjadi . .


disesali
dihina
dijatuhkan


dunia tak selamanya biru
tak selamanya pula warna warni




kadang musim kemarau
kadang musim semi


kadang suka
kadang duka


kadang tersenyum
kadang menangis


kadang cerah
kadang mendung
kadang juga berawan
dan kadang hujan sangat deras


bagiNya... semua semudah membalikkan telapak tangan
ada waktu untuk memikirkan hal yang satu ini


biarlah hanya ada dalam hati


8/5/09

Rabu, 30 September 2009

indahnya ukhuwah ini

air mata inipun mengalir

ambisi, ego, nafsu, dendam...

cita-cita, hati, hamasah, cinta...

semua menyatu...

kadang menghalalkan segala cara...

banyak luka terukir,

dendam...

Selasa, 29 September 2009

Pesan Untuk Pemimpin Kami

Assalaamu'alaikum wr.wb

Di antara ciri-ciri kebahagiaan dan kemenangan seorang hamba adalah :

Bila ilmu pengetahuannya bertambah, bertambah pula kerendahan hati dan kasih sayangnya.

Setiap bertambah amal-amal shalih yang dilakukan, bertambah pula rasa takut dan kehati-hatiannya dalam menjalankan perintah Alloh

Semakin bertambah usianya, semakin berkuranglah ambisi-ambisi keduniannya. Ketika bertambah hartanya, bertambah pula kedermawanan dan pemberiannya kepada sesama.

Jika bertambah tinggi kemampuan dan kedudukannya, bertambahlah kedekatannya pada manusia dan semakin rendah hati kepada mereka.

Sebaliknya, ciri-ciri kecelakaan adalah :

malam ini...

di kesunyian malam ini,ditemani lagu nasyid yang meluluhkan hati kecilku.. ya Robb,jangan Kau jadikan diriku hambaMu yang membangkang dari aturanMu.. ku tak ingin membenci sesuatu maupun seseorang.. sungguh, dengan namaMu ya Rohman, hadiahkan kasih sayang itu pada kami.. ku tak ingin membecinya!! sekali lagi,ku tak ingin memusuhinya!!

tapi ya Robb, ku tak mampu memungkiri luka batin ini,,ku tak sanggup membendung air yang jatuh dari pelupuk mataku..betapa hati ini bergejolak..merasakan penghianatan itu..bagaikan terhunus pedang,,yang semula di berikan untuk senjata da'wah kami.. entah,mungkin aku yang terlalu lemah dan rapu,,sampai seperti ini..tapi inilah yang ku rasakan..mengapa itu harus terjadi??? Robb,,,turunkan hujan maaf untuk kami.. izinkan kami saling mengasihi karena Engkau.. alirkan lautan ampunanMu pada kami.. kami yakin,Kau lebih tahu dari apa yang kami tahu.. Kau lebih tahu dari apa yang kami mau..

sungguh,ku tak mampu menahan kesedihan ini....
apa yang sudah ku perbuat tadi?? begitu kelihatan bahwa ku berbeda dengannya.. sampai ada yang menyadari itu..

semoga kami mampu mengarungi perjalanan da'wah ini.. baik kami bersama-sama,,ataukah kami harus berpisah dan berjalan masing-masing..

apapun keadaannya nanti, hanya satu yang ku ingin...

kami tetap bisa melanjutkan jalan juang ini!!!

pesan untuk sahabat da'wah

sebuah kisah memang ada saatnya indah, ada saatnya tidak.yahh,,itulah roda kehidupan. kadang ku berdiri di bawah langit yang indah,dikelilingi lautan yang mengalirkan irama syahdu yang sangat nyaman untuk ku nikmati. namun ada kalanya aku berdiri di atas jurang dan rasanya aku ingin menjatuhkan tubuhku kesana. menghilang dari dunia, ingin sendiri dan hanya ingin mengadu pada Alloh...ingin menjerit membebaskan semuanya..ingin masuk le dalam laut dan tak ingin keluar lagi..ingin terbang ke langit tinggi,menikmati pesona ciptaanNya..namun,ku punya tanggungjawab di dunia..mencari bekal untuk akhiratku,,

mereka sudah tau diriku seperti apa. kadang diriku sangat bahagia,dan ku bisa memberikan solusi bagi mereka yang meminta. tapi terkadang aku sangat sangat aneh..tiba-tiba ku menangis,tak henti"nya ku menangis...mereka bilang "ada apa?" aku hanya menjawab "tidak ada apa-apa"..hmm...mereka begitu mengerti diriku..

sungguh aku bahagia memiliki mereka semua. ku tak lagi merasa sendiri mengarungi ini semua. namun maafkan aku jika tiba'" aku bersikap seperti bukan aku yang kalian kenal.. aku memarahi kalian,aku menghina kalian, aku mencacimaki kalian, aku..aku...dan aku...

terimakasih sahabat... kau begitu memahamiku... ku tahu kalian menyayangiku hingga kau sangat ingin tahu keadaanku... maafkan jika terkadang aku tak bisa berbagi denganmu..

alhamdulillaah kini aku bisa lebih bijak mengambil keputusan.. meski ku masih belum bisa mengontrol emosiku.. aku menyayangimu.. sebentar lagi, mungkin kita akan jauh. karena ikatan ini sedikit renggang. kita akan lebih jarang untuk bersama..sharing,menangis bersama,tertawa bareng..wahhh...indah sekali saat" itu..(hiks aku mengetik ini sambil berlinang air mata)...

untuk semua BPH ROHIS 2010,ku mencintai kalian karena Alloh..ku sangat mencintai kalian,menyayangi kalian.. akankah nanti ku bisa menemukan kembali orang seperti kalian yang bisa memberikan warna dalam setiap detik hidupku??...semoga...

ku ucapkan terimakasih pada kalian..sahabat...ukhuwah ini semoga terus terikat ya pada kita.. meski kita jauh,meski nanti kita berpisah.. tapi ku yakin,atas nama Alloh, hati kita akan terus terikat..di jalan da'wah.. meski berbeda suasana dan caranya...

untuk KaRo... afwan ane suka marahin karo.. suka bikin karo bingung..(ya Alloh,aku tak bisa menahan air mata ini),terimakasih ya udah sabar banget ngadepin ane.. saat ane berubah,aneh,ga seperti biasanya,karo pasti tahu...selaki lagi ku minta maaf.. kau,karo yang hebat!!ku pesan,"lakukan apa yang telah kau ucapkan."..sekali lagi terimakasih..

untuk naf,cintaku...sayang,,kita sama" melupakan kisah yang satu itu ya,,,kita hanya boleh menempatkan satu nama di hati kita ya kan??hehe cinta,aku sayang kamu..bolehkan aku lagi menciummu??(hehe ingat ga yang waktu itu?kita bersalaman,kecup pipi,terus kamu geli gitu..hehehe) ya Alloh,sungguh mereka sangat berharga buatku..

kita sama" aNaq kecil ya sayang...hmm..ku ga kuat jika ku menulis banyak disini untukmu..syukron untuk segala cintamu padaku ya...senyummu, sabarmu, kasihmu..(haduh banyak lagi.tapi ku udah terlalu banyak menumpahkan air mata)..I LOVE U naf...(ukhuwah ini terasa sangat erat) ya Robb...

untuk kadiv bina,,satu kata untukmu...."afwan" untuk semuanya...insya Alloh hati ini sudah Alloh lembutkan...

buat adel, teman baru saat pulang (hehe) cantiknya sahabatku ini, aku sayang kamu.aku hanya bisa mengucapkan disini, kalau langsung sepertinya tidak bisa.. del,syukron untuk solusinya..itu berharga untukku,saat ku butuh seseorang untuk dicubit pipinya (hehe) kau ada disampingku, saat aku lagi down,marahin kamu,omelin kamu..waahh syukron buat semuanya. afwan ya sayang..

untuk mutia, sahabatku yang satu ini sangatsangat super baik padaku... boleh kan ya aku panggil kamu "nek..."(hehe) wejangan kamu,saran,nasihat dari kamu.. ingat ga saat kita melakukan "liqo-liqoan"??? (subhanalloh,aku rindu saat-saat itu...kita semua menangis,,betapa indahnya suasana itu.. akankah masih bisa kita lakukan lagi? dan ku rasakan lagi?... nenekku,,aku juga sayang kamu..(aku membayangkanmu,air mata ini tak bisa tertahan)

untuk dina, kamu hebat!! SekUm yang super duper!!! sukses ya buat kedokterannya...itu niat dan pekerjaan mulia..semoga Alloh merahmatimu,cinta...tau ga??kamu salah satu moivasiku loh...(^_^)

untuk anggi,ingat saat sanRam2009???..kita(aku,kamu,adel,chia,nety,giant,dijem,muti) dikamar bareng"..udah malem banget,kita ketawa" ceria sekali... namun setelah itu tak terduga kita semua menangis!!!! saat salah satu dari kita bercerita tentang "ibu"...setelah itu aku pimpin muhasabah,kita muhasabah diri kita,kita terbang membayangkan kesuksesan kita dan ortu kita bangga sekali dengan kita..kita menangis...tak ada batas antara kita...kita curahkan semua kasih sayang kita untuk orangtua kita...kita menantikan ortu kita mengucapkan rasa cintanya pada kita..anggi sayang, ku yakin suatu saat nanti kau bisa menjadi kebanggaan ibumu..(ya Mujiib,kabulkanlah)....(subhanalloh,itu saat-saat yang tak mudah ku lupakan..ya Alloh kuatkan ikatan pertalian ini)

untuk chia,syukron juga solusi"nya ya,,,tetap ceria,tapi jangan mudah nangis juga ya...(hehe kamu kan yang bilang kalau kamu gampang nangis??hehe..sama aku juga..pokoknya tetap menjadi chia yang ceria!! oke?mmuuaaacchh...

untuk arinal,bang rinal deh..kita sama ya ga tertarik dengan fb!!ada arinal jadi rame tuh plurk.hehe tetap jadi orang yang unik ya...penuh semangat,ceria..
tetap jadi kebanggaan papamu ya nal,,,ku yakin kau mampu membawa nama baik beliau..jadi kebanggaan keluarga ya..Alloh sayang pada papamu,makanya beliau dipanggil lebih dulu..buat papamu selalu tersenyum ya...KAMI YAKIN KAU BISA!!!! bismillaah...

buat galih,tetap jadi pejuang muslim yang sabar yaa...mampu mengendalikan emosimu,,kami kagum dengan kegiggihanmu..semangat!!!

untuk adit,,semoga Alloh terus menjagamu..pertahankan tawamu..sukses untuk tujuan kedepan ya...


untuk semuanya...hmm..begitu indah saat" bersama kalian..andai ku bisa membawa kalian untuk terus bersamaku..menemani hari"ku..
ku yakin,Alloh tak akan membiarkan ikatan ukhuwah ini terputus begitu saja..hati kita akan tetap padu..disatukan bagai butiran tasbih..tak ada akhir..diciptakan untuk mengingat Alloh..
semoga ikatan ini tak terputus begitu saja..


ukhuwah..
terlidungi utuh oleh birunya langit cinta
tak terbatas dipelupuk mata
tak mampu goyah oleh terpaan badai

suci karena penjagaanNya
terbentang samudra keimanan
sejuk oleh rindangnya kasih sayang
dibasahi embun Tsiqoh

terhiasi semangat juang
pemuda muslim generasi da'wah
berisikan butiran-butiran AZZAM
dinaungi luasnya ridho Alloh
indah oleh pesona penghargaan dan penghormatan

ukhuwah..
satu kata penuh makna
dalam pencarian arti cinta
terlahir dari rahim tarbiyah
menuai benih-benih kejayaan Islam

(ku tulis menjelang mustah 2,pergantian pengurus ROHIS34)
-ku tujukan untuk semua BPH ROHIS34 2010-

Senin, 28 September 2009

surat untuk sahabat

Assalaamu’alaikum Wr.Wb
Untuk sahabatku yang ku cintai karena Alloh, ku persembahkan pesan kecil ini untukmu…

Ukhuwah Ini

Senyum tersungging dari bibir
Ada embun yang merasuki jiwa
Kala ikatan ini tersambung kembali
Dalam waktu yang telah bergulir
Mengalirkan sejuta kisah
Kisah pemuda-pemudi tangguh
Para pejuang Agama Alloh

Minggu, 27 September 2009

ku mohon padaMu

pasti indah jika kita dikelilingi dengan orang-orang yang bisa memahami kita... apalagi yang mendukung dengan apa yang kita lalukan.. yang paling terasa ialah jika mereka mendukung perjuangan kita di da'wah ini... hanya saja,,,itu masih sulit untuk ku dapatkan.. sangat butuh pengorbanan dan perjuangan.. aral yang sering sekali menghadang membuatku kadang merasa letih dan ingin berlari dari da'wah!!! namun ku sadar, aku butuh ini, aku sangat senang disini, aku ingin selalu berada disini,di jalan ini... jalan yang Alloh ridhoi..

Robb, seberapa hebat rintangannya,ku mohon padaMu,kuatkanlah aku... jangan sampai aku gugur di medan da'wah..bantu aku, berikanlah aku teman" yang dapat memberikanku semangat lagi.. ku mohon...

ujian itu,cercaan itu..semoga Kau jadikan sebagai pahala untukku dan penggugur dosa''ku yang lalu.. kuatkanlah ya Robb...

Luka Seorang Adik

Saat sebuah kepercayaan luntur begitu saja
Kala semua kembali dipertanyakan
Bathin sedikit tergores
Namun itu cukup dalam

Kala jalinan ukhuwah mulai rapuh
disitulah kebesaran hati menentukan
Kembalikan pada Sang Pemilik Kerajaan
Dia yang tahu apa yang sesungguhnya terjadi

Kini ku rasa lengang dan canggung
Untuk kembali menyambungnya
Agar senyum itu kembali tercipta
Namun hati tak mampu memungkiri lukanya

Dia hanya manusia biasa
yang bisa merasakan bagaimana dibohongi
Sungguh mata itu cerminan hati
Bisa meneteskan air kesedihan mendalam

Tak dibayangkan sebelumnya
Seorang kakak melukai adiknya
ya..kehilangan satu adik dari sekian banyak adik
Tak berarti apa-apa bagimu

ya Robb, sejukkan hatinya
beri kedamaian untuk kami semua
ikatlah ukhuwah itu kembali erat
agar dapat bertahan di da'wahMu

Jumat, 25 September 2009

halalbihalal rohis

bismillaahirrohmaanirrohiim

ini adalah cerita saat acara
"Halalbihalal akbar alumni rohis SMAN34 angk.2005-2009" Kamis,24Sept 2009.. kami yang angkatan 2010 dan adik-adik 2011 juga diminta hadir ke acara ini..
acara diselenggarakan di kediaman Frizal (yang biasa kita panggil "achel") alumni angkatan 2009.. rumahnya di daerah depok gitu..wawww..

dimulai dari pemberangkatan

kita-kita janjian dulu di 34,coz mau berangkat bareng-bareng..habis pada belum pernah ke rumah ka acel sebelumnya..
eits...masa akhwat angkatan aku yang dateng cuma
berdua!!!! wuihhh..buanyakk banget!!(ckckck) yang lain pada masih mudik gitu dehh.. ada yang masih di Kalimantan, ada yang lagi di Padang, ada juga yang di rumah neneknya (mau kabur tapi gabisa..haha) yaudah dehh apa boleh buat..berdua tapi suasananya bersepuluh kan lumayan(haha emang bisa?)

hmm...akhwat yang janjian di 34 selain aku dan anggi, ada ka titin(2007),ka rifka(2006),dan ka yekti(2009).. parahnya ga ada satupun dari kita yang tau jalan!!!(ngok!! gimane kite mau kesana?)

eeeehhh.... ada penyelamat!! Ketua Rohis 2010 (perlu sebut nama ga ya??) ngajakin akhwatnya berangkat bareng... hufftt..untung deh ada yang tau keadaan kita,,haha

sepanjang perjalanan


payah!! aku ga tau ini di daerah mana..maklum orang jatipadang,jadi ga tau daerah sana.. alhasil...tanya-tanya terus deh sama Anggi..."nggi,ini dimana sih?","nggi, udah mau sampe ya?","nggi,ini udah di daerah depok belom?"...(ckckck ampe anggi bosen kali tuh ditanya-tanyain mulu!!haha bodo)

hmmm....sekitar setengah jam sampe tempat tujuan...

alhamdulillaah

asiiiikkk ternyata lumayan banyak yang dateng alumninya..seneeeeeenggg banget ketemu mereka..udah kangen banget...alhamdulillaah silaturrahmi tersambung lagi...

acara belom dimulai,,tapiiiiiiiii....waw!! makanan sudah disiapkan!!! (ada tekwan dan pempek) hmmm...sedapnya bauuuu!!! (^_^) akhwat 2009 tuh yang nyiapin...ampe masak juga katanya..wawww..salut deh..

acara dimulai.....


biasalaaahhh...pembukaan...(sambutan,tilawah,dsb)
MC nya ka Mus dan ka Achel...(duuuuhhhh ngelawak mulu!!!) emang acara opera van java apa!! hahaha tapi seruuuuu.....(woi yang ga dateng nyesel tuh!!!)

ga nyangka ternyata alumni-alumni ikhwan pada punya bakat jadi pelawak legendaris yaa.... kalo mereka bergabung,,bisa gantiin para pemain OVJ tuh...(haha kidding)..seruuuu abizzzz....ampe ketawa ngakak...gileeeeee.....tapi kadang jayuz gitu lawakannya...maklumlah bajakan..


berlanjut ke nasyid 2009....

ka mus,ka achel,ka bowo,ka anggi personilnya tuh...bayangkan!! ayo semua tahan.....!!!!!! jangan ada yang sakit perut yak..hehe..
hmm...lumayan...lagunya bagus...tampang-tampang mereka lucu-lucu juga..haha malu nih yey??

udah kaya artis aja..di foto sana-sini..gapapa deh nyenengin mereka..haha

waaahhh..hidangan disediakan..ada es buah,kue bolu,risol,dll....subur-subur nih kite....

selanjutnya ada acara nonton film gitu...filmnya tentang insinyur muda bernama stevenson..dia sangat menginginkan bikin mercusuar di tengah laut (namanya lupa...) padahal laut itu sudah memakan banyak korban jiwa,banyak kapal" hilang dan tenggelam..karena ganasnya laut itu..
penuh tantangan buat disetujukan proposal untuk membuat mercusuar itu..ditentang sama teman"nya..terus karena dana yang dinutuhin banyak,jadi pemerintah agak kurang setuju gitu..tapi akhirnya dibolehin,,waaaaahhh...seruuuu deh...

rehat sholat zuhur,film dilanjutkan kemudian...

selesai film..kita makannnn...



makan nasi pake gulai ayam,pake udang dan tahu(ga tau dimasak apaan)...hmm enaknya itu kita makan di saung..suasananya cukup indah dan nyaman..sambil ngobrol" dengan kakak"...wahhh...jarang" makan di suasana kayak pedesaan gini..(maklum ga pernah mudik,,ga tau suasana kampung deh..hehe)

lagi asik" makan,pas mau motong udang pake sendok,,ehhh..tu udang malah jatoh lagi!!! duuuhhh kesian banget deh..hiks...
hmm ga ikut nyuci piring ah..hehe biar yang tuaan aja yang nyuci.hehe...

tukar kado

waaahhh..ni dia acara yang paling ditunggu"..hahaha kita ambil kado dari pelastik kresek..haha akhwat duluan yang ngambil..ku milih yang sampulnya pink lahhh..ga neko'' palingan isinya...
wawwww..ikhwan pada berebut gitu kayak ambil sembako murah!!! haha..akhwat aja biasa gitu...(memang kadang ikhwan)hmmm

saatnya buka kadooooo......
waahh aku dapet buku..tentang bisnis gitu deh..eheh di dalemnya ada surat sahabatnya...hmm..isinya bagus..kayaknya ku tau dari siapa deh...
yang lain,,ada tempat makan,alma'tsurat,pajangan,dll... so habis itu ada yang bacain surat dari sahabat gitu..isinya macem" ada yang puisi,pesan untuk sahabat,curhat,dll..seruuuuu...
terakhir ka mus yang bacain,,sebuah puisi judulnya "Ukhuwah kita"(hehe afwan ya kalo salah)..puisinya bagus..sepertinya ku tau siapa yang bikin deh...(hmmm...teruskan bikin puisi yang dahsyat yaaa)

setelah tuker kado kita sholat ashar,,ikhwan sholat di masjid,akhwatnya di kamar ka achel..waw angin semilir pas sholat..hehejadi enak sholatnya

saatnya makan lagi..........(parah makan mulu..hehe)

seperti biasa ikhwan duluan yang ngambil tu makanan...hehe lamanyaaaaa....

pas giliran kahwat.peempeknya udah abis disikat sama ikhwannya..wahhh...ckck..hehe

tinggal tekwan deh...ini juga gapapa,sama enaknya..tadinya sih pengen makan tekwan tapi pake kuah peempek..tapi kok kaya aneh gitu ya...gajadi deh..

kita makan di atas tikar yang di gelar di atas rumput..waahhh..nyamannya....enak lagi hangat"...hmmm yummyyyy...

biasalaah,,ngobrol" pas makan,,,ketawa ketiwi...asiiiiikkk...

setelah itu ditutup acaranya,,ada evaluasi bentar tentang kekurangan dan saran untuk acara kedepannya...
eh ada hadiah buat ketua rohis dan kaput baru..uhhh..so sweet...

yupz acara dah ditutup,,ehhhh pada narsis" gitu deh...angkatan 2007 tuh yang narsis banget...apalagi ikhwannya...dengan gaya bermacem macem..iiiiiiii....

kita foto per angkatan gitu deh...parahhhh!!! angkatan 2010 ga ada yang mau difoto!! ya maklum....cuma ada 2 akhwat dan 3 ikhwan....ya ga mau lahhhh....hmmm...

sesi pemotretan berlangsung cukup lama..ckck..hehe dengan berganti" pemandangan dan gaya..ampe pegel ni mulut!!haha


saatnya pulang...
pukul 16.30 kita pulang....hmmm..

eitzzz cerita belum sampai disini lhooo....

dii angkot 105 yang berisikan akhwat"... setelah beberapa menit berlalu...

sang sopir bertanya "pada turun dimana neng?"

kita menjawab "pondok labu bang"

sopir kembali menjawab "wah,,jauh ya."

kita beralasan "ya tadi kan abang sendiri yang mau muter untuk bali arah biar angkotnya kita taekin..jangan diberhentiin di tengah jalan bang"

beberapa saat kemudian..

3 orang akhwat turun di sekitar gandul gitu lah...
pas ngasih ongkos...

sang sopir berucap "berapa orang neng?masa bayar segini!!"
so langsung ditambah lagi deh ongkosnya

ckck..kita yang masih di dalem angkot agak kaget gitu lah...abangnya marah"..

tiba" di perjalanan sopir celetuk "orang make jilbab kaya gini!!"(kalo ga salah sih dia bilang gitu)

parah ni sopir...menghina kita"!!!woooo...untung ada yang belain gitu..

hmmm...suasana jadi berubah seketika...krik krik...

aduh sii abang kalo kurang ongkos ya tinggal bilang,,ga usah ngomel gitu ampe bawa" ni jilbab...(aku ngeluh dalam hati)

seakan identitas kita yang pakai jilbab buruk...yaaa buat pelajaran aja buat kita"...jaga nama baik kita sebagai muslimah..apalagi identitas kita yaitu jilbab ini...bagaimana orang memandang kita baik,bukan buruk..(sedikit teguran)

beberapa saat berlalu...

2 orang akhwat turun lagi...kejadian terulang lagi...tapi ga usah di ceritain disini ah..


huft...akhirnya aku turun angkot juga...untung ngasih ongkos pas..jadi ga di bentak lagi..

haduuuu capeknya...2 jam perjalanan ku lalui..macet,nahan haus..weeeehhh....

alhamdulillaah sampai rumah...

selesai deh..hehehe maaf ya kalau penyampaian cerita ga bagus...sayang ga ada dokumenternya..tapi intinya seruuuu banget ni acara...banyak pelajaran yang bisa di ambil...oke deh..lain kali pada ikut dooonggg...

Selasa, 22 September 2009

do'aku bersama anak" TPA



ini saat aku telat masuk sekolah..haha..bukannya malah pulng ke rumah,tapi mampir ke sebuah masjid dekat sekolah.yaitu biasa disebut "masjid DDN"..

seperti biasa nggak ada kerjaan,baca buku aja deh disitu..biar nggak bosen.. eh baru beberapa halaman baca buku,ada segerombolan anak kecil masuk ke masjid, rupanya mereka anak-anak TPA masjid ini,,,well,ada yang lari kesana kemari sambil menunggu pembimbingnya datang. ada yang berceloteh lucu..pokoknya beragam kelakuan mereka..yang bikin aku sedikit geli..haha

saatnya pelajaran dimulai...

dalam sujudku


mengalir lembut dalam pengharapan
tunduk patuh hamba padaMu
menyerahkan jasad,ruh,dan fikroh
ke Maha-anMu
terlantun bait indah
dari surat cinta Nya
ampuni segala kesombongan diriku
keangkuhan yang menyelingi nafasku
penduaan dan pengkhianatan
atas cintaMu
untuk segala khilafku
AMPUNKAN!!!
tuntun aku ke kesucian diri
menuju JannahMu

rangkaian do'a didalam hati


terucap dari bibir

tulus dalam hati

pengharapan yang ikhlas

hanya padaMu

kabulkan Ya Mujiib...

kotak hati


Kotak hati ini masih terus tersimpan baik.. isinya tak akan pernah ternodai apapun,dan tergantikan oleh sesuatu apapun.. kotak ini akan tetap aku lindungi dari segala macam yang dapat merusaknya.. meski terkadang aku ingin kotak ini pecah dan hancur,,namun kotak ini terlalu kuat dan isinya terlalu berharga untukku…

Lihatlah,,hati ini bercahaya…. Sungguh cantik..warna pink yang indah..dan terlindungi kotak yang terbuat dari paduan iman,kepercayaan,cinta,dan janji.. sehingga tak ada satupun yang dapat memecahkan dan mengambil hati ini untuk kemudian dirusak.. aku akan berusaha untuk tetap menjaga ini sampai kapanpun..selama aku masih bisa menjaganya, maka aku akan tetap terus mempertahankannya.
Kini,aku hanya menyerahkan kotak hati ini pada Sang Maha Cinta,,untuk selalu Dia jaga.. karena hanya Dia yang berhak dan mampu menjaga ini.. dan Dialah yang menguatkanku…

Robb,lindungilah hati ini….
Kadang aku ingin mengeluarkan isi kotak ini,membuangnya jauh jauh,dan membencinya, ya…. Tapi terkadang berubah lagi keadaanku.. sungguh aku tak tahu apa yang sesungguhnya terjadi padaku…

Ya Robb, berikan petunjuk padaku…

kondisi ummat Islam saat ini

Keadaan muslimin sekarang ini memanglah hina dan beradadi bawah kekuasaan musuh-musuh Islam. Muslim sebagai umat yang baik dan mulia ternyata tidak lagi nampak kemuliaannya di tengah manusia lain. Bahkan nampak semakin terjerumus sebagai hasil keadaan jahiliyah yang semakin merajalela saat ini. Secara umum kondisi kaum muslimin hari ini mempunyai kelemahan-kelemahan di antaranya adalah “Akidah, tarbiyah, tsaqofah, dakwah, pengorganisasian/tanzim, dan akhlak.


Keadaan ini terjadi di sebagian besar negara Islam. Bukti yang nyata adalah banyaknya negara Islam di bawah kekuasaan musuh-musuh Islam. Sebagian muslim tersebut nampak tidak mengamalkan ibadah wajib seperti shalat, berpakaian muslimah, zakat dan berpuasa. Keadaan demikian harus diperbaiki dengan menyediakan dakwah harakiyah yang integral dan bersifat rabbaniyah, minhajiyah, marhaliyah dan ulawiyah serta sesuai dengan realitas dan seimbang.

  1. DO’FUL MUSLIMIN (KELEMAHAN KAUM MUSLIMIN)
    • Aqidatan (Aqidah)
    • Tarbiyatan (Pendidikan)
    • Tsaqafiyatan (Pengetahuan)
    • Dakwatan (Dakwah)
    • Tandhiman (Struktur)
    • Akhlaqan (Akhlak)


A.AQIDATAN (Aqidah)

Berbagai kelemahan muslim yang utama dan prinsip pada saat ini adalah kelemahan aqidah di kalangan kaum muslimin. Aqidah pada sebagian besar kaum muslim telah dicampuri dengan berbagai kepercayaan yang merusak aqidah yang sebenarnya. Kepercayaan kepada nenek moyang dengan mengamalkan kepercayaan tradisi jahiliyah yang diwarnai oleh animisme dan dinamisme, sebagian lagi kepercayaan ini dipengaruhi oleh agama Hindu. Aqidah Islam juga dicemari oleh faham tarekat yang salah dan kepercayaan Syiah yang bertentangan dengan aqidah ahlus sunnah wal jamaah. Aqidah yang dibawa oleh umat Islam tidak juga tertanam secara baik di dada kaum muslimin. Mereka mencampuri dengan kepercayaan kebendaan, keduniaaan dan sebagainya yang menjauhkan aqidahnya darii Allah SWT.


B. TARBIYATAN (Pendidikan)

Tarbiyah Islamiyah di kalangan muslimin sangatlah sedikit. Secara formal yang dilaksanakan oleh sekolah-sekolah negeri atau swasta sangatlah terbatas hanya beberapa jam saja diajarkan di kelas. Sedangkan sekolah Islam tidak begitu banyak. Keadaan ini masih sangat kurang apabila dibandingkan dengan keperluan saat ini. Sekolah Islampun tidak semuanya dapat menyajikan Islam dan tarbiyah yang baik sehingga dapat merubah pribadi pelajar dan gurunya. Pelaksanaan tarbiyah secara informal belum lagi banyak dilaksanakan secara berkesan. Majlis Taklim misalnya, sebagai tarbiyah yang bersifat informal. Dalam pelaksanaannya Majlis Taklim lebih kepada majelis illmu yang memberikan keperluan akal tetapi kurang kepada memenuhi keperluan qolbu dan biasanya kurang begitu membentuk kepribadian.


C. TSAQAFIYATAN (Pengetahuan)

Tsaqafiyatan Islamiyah di kalangan muslim juga kurang beriringan dengan efektivitas peranan tarbiyah dan sekolah-sekolah yang diselenggarakan oleh umat Islam. Tsaqofah ini berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan wawasan yang bersifat Islam atau umum. Kemampuan ii belum banyak dimiliki oleh kaum muslim. Sebagian menguasai tsaqofah Islam tetapi dalam masalah umum kurang menguasainya (misalnya politik, ekonomi, kemasyarakatan) begitupun sebaliknya kurang ditemui muslim yang mempunyai penguasaan di bidang umum dan memiliki kemampuan tsaqofah Islamiyah. Muslim yang mempunyai ilmu dan tsaqofah demikian tidaklah banyak, dan masih kurang dibandingkan dengan jumlah muslim serta keperluan yang ada. Sebagian muslim yang mempunyai tsaqofah in kurang sesuai dangan pemahaman aqidah Islamiyah, kurang merujuk kepada minhaj yang utama yaitu Al Qur’an dan Sunnah. Sebagian merujuk kepada nilai Barat yang bertentangan dengan Islam, termasuk tsaqofah yang disuburkan oleh kepercayaaan jahiliyah seperti ashobiyah, nasionalisme, sekuler, kapitalisme dan komunisme.


D. DAKWATAN (Dakwah)

Dakwah Islampun nampaknya terkena penyakit dan keadaan sekarang seperti kata pepatah hidup enggan matipun tak mau. Kondisi dakwah yang berjalan perlu dipertanyakan lag tujuan yang hendak dicapai dan cara mencapai tujuan tersebut. Hasil dakwah sekarang ini belum lag dapat dibanggakan bahkan keadaaan sekarang ini menunjukkan dakwah tidak berjalan karena tidak nampak bertambahnya pengikut atau pengikut yang ada pun semakin berkurang. Dakwah Islam tidak berkesan karena sebagian sudah hilang tujuan sebenarnya yang sudah dipengaruhi oleh berbagai pendekatan yang kurang Islami. Dakwah kurang berkesan karena menjadikan dakwah sebagai organisasi kelompok atau kumpulan elite ataupun perkumpulan yang tidak berdasarkan kepada nilai-nilai Islam. Dakwah yang tidak berjalan adalah satu masalah sendiri, sementara yang sedang berjalanpun perlu dilihat bagaimana keadaan yang sebenarnya, adakah sesuai dengan minhaj atau tidak. Mereka yang tidak berdakwah juga merupakan masalah besar karena mereka dijadikan sebagai mangsa yang sangat empuk dimakan oleh pihak musuh.


E. TANDHIMAN (Struktur)

Tanzim atau organisasi yang dikendalikan oleh Islam perlu dipertanyakan sejauh manakha mereka mengamalkan Islam di dalam tanzimnya. Tanzim dapat dibagi kepada tanzim berupa jamaah yang komitmet pesertanya melalui baiah dan organisasi Islam yang terbuka dengan menjalankan beberapa keperluan dan aktivitas Islam secara terbuka, atau organisasi Islam yang berwarna perkumpulan, kelompok, NGO dan yang lainnya. Bagaimanapun tanzim ini perlu dilihat kondisinya karena keadaaannya tak jauh berbeda dengan keadaan umat Islam yang sedang sakit. Apabila pengendali sedang sakit maka ada kemungkinan yang dibawakan akan sakit.


F. AKHLAQAN (Akhlak)

Akhlak sebagai cermim nuslim sudah dicemari oleh berbagai akhlak jahiliyah yang dilandasi oleh budaya dan gaya hidup masyarakat jahiliyah. Banyak ditemui muslim yang secara statusnya masih sebagai muslim tetapi tidak mencerminkan lagi akhlak Islam yang susah dibedakan dengan mereka yang bukan muslim. Akhlak remaja sangat kentara menampakkan wujud yang salah. Akhlak muslim tidak mewarnai diri muslim secara keseluruhan. Keadaan demikian tidaklah mustahil mengingat ghazwul fikri yang sangat kuat dan hizbusyaitan yang menguasai dunia saat ini.

  1. AL ISLAH (Perbaikan)

Dengan mewujudkan dakwah harkiah syaamilah (pergerakan dakwah yang sempurna) maka perbaikan akan dapat dicapai tanpa wujudnya pergerakan dakwah maka tidak muncul sedikitpun perubahan di kalangan umat. Masalah umat akan tetap menjadi masalah, hal ini telah dibuktikan dengan tidak wujudnya pergerakan dakwah maka umat akan terlena dengan tipu daya pihak kafir. Realitas yang ada sekarang ini memerlukan suatu harkah inkaz (pergerakan penyelamatan) untuk merubah keadaan umat Islam menjadi lebih baik dan terlepas dari segala penyakit yang membawa kita kepada kematian. Dakwah dan harakah yang mempunyai harapan kejayaan mesti mempunyai beberapa prasyarat yang harus dipenuhi diantaranya adalah rabbaniyah, minhajiyah, marhaliyah dan ulawiyah serta sesuai dengan realiti dan seimbang.

  1. AD DAKWAH AL HARAKIYAH ASSYAMILAH (Pergerakan Dakwah Yang Menyeluruh)
    • Ar Rabaniyah (Rabani)
    • Ar Manhajiyah (Konsepsional)
    • Ar Marhaliyah (Tahapan)
    • Ar Awlawiyat (Prioritas)
    • Al Waqiiyah (Realitas)
    • Al Mutawazinat (Seimbang)


A. Ar Rabaniyah (Rabani)

Rabbaniyah di dalam Al Qur’an mempunyai ciri pribadi yang senantiasa mengjarkan Islam dan juga mempelajari nilai Islam. Selain itu ciri rabbani adalah mereka yang tidak merasa duka cita, hina dan lemah didalam menjalankan dakwah Islam. Harakah dan dakwah Islam yang rabbani wajib mempunyai anggota dan sistem yang demikian. Anggotanya tidak diam begitu saja tetapi ia begetak dan senantiasa berdakwah. Dalam menjalankan dakwahnya mereka tidak putus asa tetapi berkelanjutan dan selalu berjalan dengna komitmen yang kuat dan kukuh.


B. Al Manhajiyah (Konsepsional)

Dakwah Islam mesti mengikuti minhaj yang benar dengan kesadaran yang jelas dan bersih. Minhaj dengan basirah ii tentunya merujuk kepada Al Qur’an dan Sunnah serta merujuk kepada sirah anabawiyah. Kemudian dari panduan ini kita mempertimbangkan keadaan lokal seperti situasi, kondisi, keadaan, peristiwa dan sikap yang muncul sehingga muncul fiqhud dakwah yang dapat dijalankan di tempat tertentu. Minhaj yang jelas akan membawa kepada jalan yang jelas dan juga akan membawa kita kepada tujuan yang benar sehingga Allah meridhainya.


C. Al Marhaliyah (Tahapan)

Dakwah dan harakiyah mesti mengikuti marhalah sesuai dengan marhalah (tahap) kesediaan, penerimaan, pengetahuan, kemampuan dan penguasaan aktivis harakah tersebut. Dengan marhalah in maka dakwah dapat berjalan dengan baik dan berpengaruh. Anggota yang membawa dakwah akan mengalami ketenangan dan kebahagiaan tanpa paksaan dan sesuai dengan kemampuan atau marhalah yang ada pada dirinya. Marhalah ini diperlukan di dalam dakwah dan harakah karena Nabi SAW mengamalkan dan menyebrkan dakwah emngikuti dan memperhatikan marhalah ini. Misalnya dakwah pada marhalah tabligh yang mengajak kepada manusia secara umum, kemudian diteruskan kepada dakwah secara taklim dengan suasana pengjaran, kemudaian ditruskan dengan dakwah marhalah takwin yang lebih kepada latiahan dan pembentukan, kemudaian ditingkatkan kepada marhalah tanzim dan tanfiz.


D. Al Awlawiyat (Prioritas)\

Dakwah dan harakah jgua memperhatikan keutamaan dari kerja-kerja yang akan dilakukan. Perlu memfokus kepada suatu isu dan aktivitas yang dapat memberikan sumbangan kepada umat Islam sehingga dakwah dapat tampil di tengah masyarakat dengan kehdiran yang dinanti-nantikan. Misalnya keutamaan tarbiyah adalah suatu keutamaan bagi dakwah dan harakah karena tanpa tarbiyah tidak akan dapat meneruskan dakwah. Tarbiyah akan menciptakan kader dan generasi penerus dakwah itu sendiri. Keutamaan lainnya adalah melihat isu kontemporer dan mencari jalan keluar yang dapat mengembangkan pengaruh di tengah masyarakat misalnya kerja dakwah dalam mengatasi kemiskinan, pengangguran, pengobatan, dan pendidikan yang membawa ke arah kesuksesan.


E. AL Waqiiyah (Realitas)

Dakwah yang sesuai dengan realitas ini merupakan sunnah dan minhaj dakwah Islamiyah. Dakwah mesti membumi di tempat mana ia berpijak, jangan melangit sehingga tidak dapat diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari mad’u. Keadaan yang mempertimbangkan realitas ini secara berkesan dicontohkan oleh Nabi dalam berdakwah di Mekah ataupun di Madinah. Jahiliyah di masa itu yang sangat kuat memungkinkan untuk menghancurkan Islam secara cepat tetapi dakwah Nabi secara bertahap dan pasti yang memulainya dengan rahasia dan kemudian dengan cepat mempersiapkan keadaan di Madinah. Dakwah secara non kontroversial adalah pendekatan yang dibawa oleh Nabi sebagi pendekatan hasil observsinya atas realitas yang ada di masyarakat saat itu. Banyak lagi contoh lainnya yang dapat dijadikan pelajaran oleh umat Islam saat ini.


F. Al Mutawazinat (Seimbang)

Dakwah yang seimbang bermaksud dakwah yang memperhatikan semua keperluan al akh dan Islam secara keseluruhan dan memenuhinya dengan seimbang. Aktivis dakwah juga menghendaki keperluan pribadi dan keluarganya agar terpenuhi sehingga dakwah perlu memberikan peluang kepada aktivis dakawah untuk memelihara dan menjaga keperluannnya. Pelajar memerlukan waktu belajar dan mesti emndapatkan nilai yang tinggi, ia pun perlu bertemu dengan orangtua di kampung halaman. Keperluan di dalam menjalankan dakwah seperti keperluan ruhiyah, aqliyah, dan amaliyah. Keseimbangan ini sesuai dengan prinsip keseimbangan yang Allah terapkan kepada makhlukNya. Dengan seimbang ini maka setiap aktivis merasakan senang dan bahagia.

Dalil

    • Q.S 3:79. Hendaklah kamu menjadi rabbani yang kamu mengajarkan kitab dan kamu membacanya.
    • Q.S 3:146. Berapa banyaknya Nabi yang berperang bersama orang rabbani. Mereka itu tidak pengecut, karena bahaya yang menimpa mereke pada jalan Allah dan tiada lemah dan tiada pula tunduk dan Allah mengasihi orang-orang yang sabar.
    • Q.S 12:108. Katakanlah:” Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah dan aku tidak termasuk orang-orang yang musyrik.

Ringkasan.

    • Kondisi kaum muslimin hari ini dilihat dari kelemahan-kelemahan kaum muslimin yaitu aqidah, tarbiyah, tsaqofah, dakwah, pengorganisasian dan akhlak.
    • Hal ini harus diperbaiki dengan dakwah harakiyah yang integral yang bersifat rabbaniyah, minhajiyah, marhaliyah dan ulawiyah.
    • Sesuai dengan realitas dan seimbang.

(Di sadur H. Ahmad Saikhudin dari berbagai sumber)

Senin, 21 September 2009

tak mengerti

di keheningan malam
syahdunya irama jarum jam
menyelimuti pesona langit berbintang

jangan tanya apa yang dilakukan
selalu seperti hari lalu
berurai sesak tangis
menandakan kerapuhan sebagai manusia

mengapa pintu kenangan masih terbuka?
lembaran kisah singkat menyeruak kembali
rasa indah dan sakit sama-sama berkelebat
saling beradu kekuatan!

desakan tadhiyah yang kadang menyiksa
memaksa satu hati menjerit
bertanya pada Sang Pemilik Kerajaan
apa sesungguhnya rencanaMu?

masih Kau pertahankan ini,
walau dentuman penolakan terus diluncurkan

sempat Kau hadirkan kebencian,
karena hujan caci maki masih saja jatuh

tak Kau lunturkan ini,
meski Kau tunjukkan kokohnya tembok penghalang

jangan Kau cabik-cabik qolbu ini
karena besarnya tumpukkan dosa

hanya dua yang ia harap
ampunan serta ridho Illahi


Sabtu, 19 September 2009

Antara Iman dan Cinta

Malamku bersinar dengan cahayaMU
Sedang kegelapannya merambat pada manusia
Langit siang yang cerah
Mengungkapkan kekuatan Sang Maha Cinta

Diantara tulang-tulang rusukku
Terdapat sebuah hati
Yang ku harap selalu terjaga
Adalah HakMU wahai Penghuni Hatiku
Untuk menjadi satu-satunya cinta dalam jiwa ini

Namun adalah hal yang fitrah
Jika satu cinta telah terpelihara dalam biji qolbu
Dan duniaku menjadi sempit karena ikatannya
Kerinduan yang kadang bergetar dihatiku
Sebuah bintang telah terlanjur ku gantungkan di langit cinta

Wahai Engkau Sang Maha Cinta
Hati ini menjadi putih karenaMU
Bunga jiwa ini bersemi atas RidhoMU
Tertanamnya cinta ini karena sentuhan cintaMU

Tak kan tahu kerinduan
Selain orang yang dilandanya
Tak kan tahu arti cinta
Kecuali orang yang merasakannya

Pena, rangkaian kata, tak kan mampu melukiskan indahnya cinta
Karena cintalah yang menggambarkan keindahannya sendiri
Antara iman dan cinta
Dapat berpadu indah
Jika tahu apa arti cinta sesungguhnya

Kasih . . . .
Aku menunggu di gerbang keabadian cinta
Untuk selanjutnya kita masuki
Dan kita rangkai bersama
Demi mencapai keridhoanNya

Sabtu, 08 Agustus 2009

Robb

kini kusadari
betapa cintaNya begitu kuat
selaksa tarikan yang mengikatku
untuk selalu bertahan atas namaNya

telah dia mengerti
apalah arti cinta
yang tak pantas untuk di rasakan
telah aku tahu
begitu indah lautan cintaMu

biar Allohlah yang senantiasa membimbing hati
menghadirkan cinta itu kembali
dengan RahmanNya Dia memisahkan kami
karena cintaNya pada kami Dia ubah kehidupan ini

Robb, Engkau Maha memaafkan
sejukkan hati kami,
basahi taman qolbu ini,
Robb, sungguh Kau Maha Rahman


Rabu, 22 Juli 2009

memori itu . .

saat mata ini tertuju pada satu titik
tak ada sesuatu yang dapat menghalangi
air mata jatuh perlahan
mengalir di pipi
puluhan memori lalu teringat kembali

serasa udara hampa
bayangan bias yang tak nampak
bahkan matahari menyoroti bumi lebih garang
tanah tak basah sedikitpun
anak burung tak mau makan dari mulut induknya

hati bergetar mengingat semua itu
Robb, jadikan itu kenangan
sebuah rajutan hidup yang ku jalani
terrangkai dalam kemasan indah
yang terlindungi langit kesucian




Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template